3 Hal Tersulit Dalam Kehidupan Pernikahan

30 Oct, 2013

Author:

no comments

marriage broken egg anguishedreposecm 300x199 3 Hal Tersulit Dalam Kehidupan Pernikahan

Pernikahan menyatukan dua manusia menjadi satu. Pernikahan menggabungkan dua kehidupan menjadi satu. Pernikahan membutuhkan komitmen. Pernikahan memerlukan kerjasama dari dua belah pihak -istri dan suami- untuk sama-sama saling mengerti, memahami, dan saling belajar untuk bisa berjalan beriringan.

Dalam pernikahan, tentu akan ada beragam masalah, tiap pasangan suami istri akan menjalani petualangan bersama yang berisi beragam hal. Banyak hal baru yang harus dihadapi. Ada kebahagiaan yang bisa dinikmati. Dan tentunya ada masalah-masalah yang perlu diselesaikan bersama.

Menurut survei, tiga hal di bawah ini merupakan hal tersulit yang ada di dalam kehidupan pernikahan. Tiga hal di bawah ini menjadi tantangan yang harus dihadapi bersama oleh tiap pasangan suami istri.

Satu: Komunikasi

Banyak pasangan yang menganggap bahwa komunikasi adalah tantangan paling besar dalam sebuah hubungan. Komunikasi menjadi hal esensial yang dapat memicu masalah jika tidak terjalin dengan baik. Komunikasi yang buruk seringkali menjadi pemicu pertengkaran yang bahkan dapat memicu perpisahan.

Dr. John Gray, penulis buku ‘Men are From Mars, Women are From Venus’ mengungkap bahwa otak pria dan wanita sangat berbeda. Hal tersebut membuat pria dan wanita memiliki cara serta pola pikir yang berbeda. Selain itu, jika dilihat dari sisi kemampuan berbahasa, alur logika pun berbeda. Hal itu yang kemudian membuat pria dan wanita seringkali tidak sejalan dan kemudian mengakibatkan konflik dalam kehidupan rumah tangga.

Untuk menyikapi hal ini, pasangan suami istri harus mau saling mendengarkan. Berbicara adalah hal yang mudah, tapi mendengarkan merupakan hal yang sulit. Agar kelancaran komunikasi dapat tercipta, biasakan diri untuk mau saling mendengar satu sama lain. Selain itu, pastikan jalinan komunikasi terjalin dengan baik agar hari-hari sebagai pasangan suami istri juga berjalan dengan baik.

Dua: Kepercayaan

Masalah kepercayaan adalah tantangan terbesar kedua dalam sebuah pernikahan. Banyak pasangan yang belum saling percaya, walau ikatan suci pernikahan telah mengikat mereka. Menumbuhkan rasa saling percaya antar suami istri pun butuh waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi rasa kurangnya kepercayaan ini, tiap pasangan harus lebih mendekatkan diri dan tidak lupa memberikan pujian satu sama lain. Pujian membuat seseorang merasa aman sehingga rasa kepercayaan satu sama lain pun terpupuk. Menunjukkan sikap saling membutuhkan juga perlu dibangun untuk menumbuhkan kepercayaan.

Tiga: Masalah keuangan

Masalah keuangan menjadi tantangan ke tiga terbesar. Anda maupun suami memiliki tata cara mengatur masalah finansial yang berbeda. Tak jarang perbedaan itu menjadi sumber pertengkaran.

Untuk menyelesaikannya butuh kompromi yang baik antara Anda dan suami. Tipsnya adalah jangan pernah merahasiakan masalah keungan, buat budget bulanan dan saling mempertanggungjawabkan pengeluaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*